Sinergisitas GAHTRA dan DP3KB dalam Pembinaan Anak di Kecamatan Gunung Kijang - Asa Digital

Kamis, 23 November 2017

Sinergisitas GAHTRA dan DP3KB dalam Pembinaan Anak di Kecamatan Gunung Kijang

Pembukaan acara pembinaan forum anak oleh Sukroni, Sekretaris Camat Gunung Kijang. Foto/Rilo Pambudi. S

Bintan, Kepulauan Riau – Gerakan Anti Human Trafficking (GAHTRA) bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bintan bersinergi memajukan kesejahteraan anak.


Pada kesempatan itu, GAHTRA tampil sebagai fasilitator. Robbie Afiat Monna dan Rilo Pambudi. S, merupakan perwakilan GAHTRA yang ambil bagian. Masing-masing mereka juga menjadi pembicara dalam kegiatan yang bertajuk “Pembinaan Forum Anak Kabupaten Bintan Tahun 2017”, Sabtu (11/11).


Acara ini sendiri bertujuan untuk mengenalkan berbagai ancaman terhadap anak yang terdapat di lingkungan sekitar khususnya di wilayah Kabupaten Bintan. Mulai dari pelecehan seksual, anak dan iklan rokok, kekerasan terhadap anak, adiksi gadget, hingga parenting digital. Selain itu, menginisiasi pembentukan Forum Anak Kecamatan Gunung Kijang.


Forum inilah yang nantinya akan memperjuangkan hak anak sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang. Mereka juga memiliki kewajiban untuk mengkampanyekan perlindungan dan pemberdayaan anak di Kecamatan Gunung Kijang.


“Anak memiliki peran yang strategis dalam pembangunan. Yang tergabung dalam forum anak ini akan diajarkan dan dibina untuk menjadi anak berbasis 2P (Pelopor dan Pelapor). Jadi selain memberi contoh dalam memperjuangkan hak anak juga harus menjadi pelapor”, ujar Eka Bambang Prayitno dalam acara tersebut.


Lebih jauh pegiat perlindungan anak itu mengatakan sejauh ini di Kecamatan Gunung Kijang masih rendah kesadaran akan peran anak. Sering kali suara mereka kurang didengar, padahal memiliki hak yang sama. Dengan adanya acara seperti ini diharapkan tidak lagi ada diskriminasi dan intimidasi terhadap anak.


Pembinaan Forum Anak ini berlangsung di Aula Kantor Camat Gunung Kijang. Sebanyak 30 peserta terpilih hadir mewakili beberapa sekolah yang ada di kecamatan tersebut. 


Turut hadir Kepala DP3KB, Drh. Kartini, M.Si sebagai narasumber. Terdapat pula fasilitator dari Forum Anak Kundur, Nur Hasanah yang saat ini mengenyam pendidikan Strata-1 di UMRAH. Selain itu LSM Berlian, Kepolisian, dan Tokoh Masyarakat juga mengikuti acara yang berlangsung sejak pukul 08.00 pagi hingga 17.00 WIB.


Meskipun menyita banyak waktu tetapi antusias anak di Kecamatan Gunung Kijang sangat tinggi ditambah dengan metode penyampaian yang tepat sehingga tidak terlihat rasa bosan. Mereka juga diarahkan untuk menganalisa kasus yang terjadi di lingkungannya. Meskipun hanya beberapa yang diangkat dan belum mencapai target yang fasilitator harapkan.


Acara tersebut ditutup dengan pengukuhan pengurus Forum Anak Kecamatan Gunung Kijang melalui pembacaan Surat Keputusan oleh Sekretaris Camat, Sukroni. Ditetapkanlah berdasar hasil voting sebelumnya yakni Wildan sebagai ketua dan Widya sebagai wakilnya beserta pengurus lain.


Semua Ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan GAHTRA yang sebelumnya telah melakukan workshop dan sosialisasi Gerakan Anti Human Trafficking di SMAN 2 Tanjungpinang, Rabu (01/11). (rps)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar